Monday, September 28, 2015

Mengenal Radiasi Elektromagnetik (REM)

Hola halo teman-teman, jumpa lagi hehhee. Kali ane mau ngebahas yang sedikit ilmiah walaupun nggak ilmiah-ilmiah banget. Jadi gini teman-teman pernah ngedengar istilah REM nggak? REM?  Apaantuh REM, REM motor? Bukan lah REM yang mau ane bahas ini adalah REM atau istilah kerennya Radiasi Elektromagnetik.Pernah dengar nggak tuh istilah itu. Ane duga teman-teman pasti sudah pada kenal sepertinya, Karena tiap hari kita nggak pernah lepas dari REM teman-teman.  Dimulai untuk telekomunikasi, Masak memasak maupun sinar matahari secara prinsip itu termasuk REM juga teman-teman.
Sebelum ngebahas REM (Radiasi Elektromagnetik),kitakenalan dulu ama gelombang?
Gelombang merupakan  gejala rambatan dari suatu usikan, gangguan, ataupun suatu getaran.

Berdasarkan medium rambatannya Gelombang dibagi dua 2 yah :
1.       Gelombang Mekanik, adalah suatu gelombang membutuhkan medium untuk perambatan, contohnya gelombang suara, membutuhkan udara untuk perambatannya. Jika tidak ada udara gelombang cahaya tidak dapat merambat.

2.       Gelombang Elektromagnetik adalag suatu gelombang yang tidak membutuhkan medium untuk Perambatannya. Contohnya gelombang cahaya, bisa merambat walaupun tanpa ada medium (zat Pelantara),

Udah jelas belum nih.

Jadi gelombang elektromagnetik itu nggak butuh zat pelantara (medium) yah buat merambat, ingat itu keywordnya. Hehhee
Kalo lebih ilmiah lagi, jadi gelombang Elektromganetik merupakan gelombang yang dihasilkan/dibentuk dari perbedaan medan magnet dan medan listrik, yang berurutan, dimana arah medan listrik dan medan magnet itu saling tegak lurus (Maxwell) berikut gambarnya



Jika dilihat digambar arah posisi arah medan listrik dan medan magnetic saling berlawan yah arahnya, jika medan listrik itu cenderung Horinzontal, sedangkan medan Magnet cenderung Vertikal, Tinggi maksimal arah medan listrik maupun medan magnet itu disebut Amplitude. Amplitude juga sering dikatakan bahwa jarak /simpangan terjauh dari titik kesetimbangan dalam gelombang. Puncak yang terbentuk itu merupakan Amplitude, sedangkan panjang gelombang (wavelength), merupakan jarak antara 2 puncak tersebut. Bias diliat digambar teman-teman. Atau sering dilambangkan dengan lambda (λ). Panjang gelombang pasti ada hubungan dengan frekuensi. Semakin panjang gelombangnya  berbanding terbalik dengan Frekuensinya yang semakin kecil, begitu juga sebaliknya.

Berdasarkan Panjang gelombangnya, Gelombang Elektromagnetik dibagi menjadi :
a.    Sinar Gamma (Ω) : panjang gelombang kurang 0,1 nm (nanometer), mempunyai frekuensi terbesar dengan rentang 1020-1025 Hz . SInar Gamma dihasilkan dari Peluruhan senyawa Radiaktif, dimana inti atom unsure yang tidak stabil, berubah menjadi inti unsure atom lain yang stabil, dengan memancarkan senyawa radioaktif.

b. Sinar X ( Xray) : panjang gelombang 0,1 – 1,0 nm, sering disebut dengan sinar Rontgen. Dihasilkan dari transisi electron diluar nucleus. Sinar X sering pakai untuk dunia kedokteran untukmelihat struktur tulang maupun diagnosis.

c.Sinar UV (ultra Violet) : panjang  gelombang 190-380nm. Dihasilkan dari transisi electron didalam orbit atom, sering kita dengan jika sinar matahari menghasilkan sinar UV.

d.Sinar Tampak (Visible) : panjang Gelombang 380 -900 nm. Merupakan Gelombang Elektromagnetik yang dapat dilihat dan biasanya dapat kita lihat tingkatan warna MeJiKuHiBiNiU.

e.Sinar Infra Red (IR) : panjang gelombang 2,5 – 25 mikrometer. Gelombang ini mempunyai frekuensi 1011 – 1014  Hz

f. Mikrowave (gelombang Mikro) ; panjang Gelombang 0,04 – 25 cm. dihasilkan dari rangkai listrik yang sering disebut dengan Isolator. Frekuensi gelombangnya 1010 Hz.

g.Gelombang Radio :panjang gelombang 0,25 -18,5 meter. Merupakan gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang terbesar akan tetapi frekuensinya paling kecil. Gelombang radio sering dimanfaat untuk telekomunikasi.



Adapun sifat dan karakter gelombang Elektromagnetik adalah sebagai berikut :
      1. Gelombang elektromagnetik dapat merambat dalam ruang tanpa medium
      2.  Merupakan gelombang transversal
    3. Dapat mengalami polarisasi, pemantulan (refleksi), pembiasan (refraksi), interferensi, juga dapat mengalami lenturan atau hamburan (difraksi).
   4. Berdasarkan perhitungan Maxwell, kecepatan gelombang elektromagnetik diruang hampa adalah sebesar 3 x 10m/s yang nilainya sama dengan laju cahaya terukur.

Mungkin itu sementara pemamparan ane mengenai Radiasi Elektromagnetik. Nanti akan perjelas lagi mengenai kegunaan dan aplikasi masing gelombang elektromagnetik terhadap kehidupan sehari-hari.


Buat rekan yang ingin sharing mengenai hal bisa langsung koment dibawah ini yah,mari kita bertukar ilmu. 

3 comments:

  1. Ini kami dari pt akulaku indonesia
    semoga layanan ini
    Bisa bermempaat buat
    Penguna akulaku memintah bantuan
    Ini adala layanan baru akulaku fecebook
    Atu cell 15005206
    bisa juga hubungi whatsapp
    0877-7711-8278
    Seluru indonesia

    ReplyDelete
  2. Ini kami dari pt akulaku indonesia
    semoga layanan ini
    Bisa bermempaat buat
    Penguna akulaku memintah bantuan
    Ini adala layanan baru akulaku fecebook
    Atu cell 15005206
    bisa juga hubungi whatsapp
    0877-7711-8278
    Seluru indonesia

    ReplyDelete
  3. Ini kami dari pt akulaku indonesia
    semoga layanan ini
    Bisa bermempaat buat
    Penguna akulaku memintah bantuan
    Ini adala layanan baru akulaku fecebook
    Atu cell 15005206
    bisa juga hubungi whatsapp
    0877-7711-8278
    Seluru indonesia

    ReplyDelete

Sebagai pembaca yang baik, koment yah. Makasih