Friday, May 2, 2014

Salep (Unguentum

         Definisi Salep :
Salep adalah sediaan setengah padat ditujukan untuk pemakaian topikal pada kulit atau selaput lendir. Dasar salep yang digunakan sebagai pembawa dibagi dalam empat kelompok yaitu dasar salep senyawa hidrokarbon, dasar salep serap, dasar salep yang dapat dicuci dengan air dan dasar salep larut dalam air. Salep obat menggunakan salah satu dari dasar salep tersebut (FI IV, hal. 18).
  Cara pembuatan Salep :
  1. Pelelehan
Pelelehan (Fusi) merupakan metode yang biasanya digunakan untuk produksi salep skala besar dimana malam (wax) atau padatan dengan titik leleh yang tinggi dicampurkan dengan semi-solid atau minyak; cara ini juga digunakan apabila akan dilakukan pencampuran air dalam volume yang cukup besar. Komponen campuran akan meleleh dengan baik pada penurunan titik leleh dan campuran fluid tersebut diaduk hingga dingin, untuk menghindari aerasi. Jika tidak diaduk dengan efektif, maka lemak alkohol dan asam mungkin akan mengkristal pada sistem yang mengandung parafin. Serbuk yang tidak larut biasanya akan terpisah saat salep mulai mengental/membeku. Padatan yang bisa terlarut dan tahan panas dapat dilarutkan pada basis yang dilelehkan sebelum campuran tersebut membeku.
)Untuk kuantitas kurang dari 500 g, penanganan lebih jauh terhadap sediaan salep untuk meningkatkan homogenitas mungkin tidak begitu diperlukan, tetapi untuk jumlah yang lebih besar, roller mills atau colloid mills dapat menambahkan keseragaman distribusi dari padatan yang tidak larut dan eliminasi partikel dengan ukuran lebih besar dari 50 µm.


No comments:

Post a Comment

Sebagai pembaca yang baik, koment yah. Makasih