Saturday, April 19, 2014

Teh Hitam : Kandungan dan Manfaat Teh Hitam


1.       Kandungan Kimia Teh Hitam
            Kandungan kimia dari teh terdiri dari beberapa kelompok diantaranya adalah kafein, teofilin, teobromin, senyawa fenolat yaitu katekin, epikatekin, epikatekin galat, epigalokatekin, epigalokatekin galat. Senyawa flavonol meliputi kaemferol, kuersetin, dan mirisetin. Theaflavin dan Thearubigin  yang merupakan pigmen teh hitam yang  dari oksidasi enzimatis katekin.
2 .      Manfaat Teh Hitam
Teh hitam diketahui berkhasiat sebagai antioksidan alami yang disebut polifenol yang dapat membantu menghalangi pertumbuhan sel kanker. Selain itu manfaat lain teh hitam bagi kesehatan yang bisa dirasakan antara lain:

         a.   Membantu membakar lemak
      Teh hitam dapat membantu mempercepat tingkat metabolisme karena pengaruh antioksidannya yang membantu hati berfungsi lebih efektif. Dewasa ini sebuah penelitian di Amerika pada pria yang memiliki berat badan berlebihan ditemukan bahwa minum teh hitam tiga kali sehari dapat membakar 200 kalori ekstra perhari.
b.   Mencegah penyakit jantung
Teh hitam diyakini dapat menurunkan kolesterol LDL (low density lipoprotein) karena efek antioksidannya dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL dalam arteri. Pembekuan trombosit yang abnormal dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke dan teh hitam terbukti mencegah pembekuan darah tidak normal secara efektif.

         c.   Membantu menurunkan tekanan darah
Beberapa penelitian menunjukkan tekanan darah tinggi menurun setelah diberi ekstrak teh hitam.

d.   Mencegah  hepatitis
      Hepatitis seringkali dipicu oleh tingginya tingkat zat besi dalam hati. Teh hitam terbukti dapat menurunkan tingkat zat besi diseluruh tubuh sehingga dapat berpengaruh langsung untuk melindungi hepatitis.

e.   Mencegah nafas tak sedap
Minum teh hitam dapat membunuh bakteri yang hidup dimulut sebagai penyebab bau mulut.

f.     Membantu mencegah diabetes
Polifenol dari teh hitam menghalangi amilase sehingga membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat mencegah tingginya glukosa dan insulin dalam darah yang memungkinkan orang terkena diabetes.

g.   Mencegah keracunan makanan
Karena teh hitam dikenal sebagai pembunuh bakteri, minum teh hitam dapat menurunkan resiko keracunan makanan akibat bakteri. Teh hitam dapat mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya seperti clostridia dan Escherichia Coli.

h.   Meningkatkan kekebalan

Sebuah penelitian di Jepang membuktikan bahwa berkumur dengan teh hitam dapat meningkatkan kekebalan terhadap influenza .

Artikel Sebelumnya :




         Apoteker Pengelola Apotek (APA)



No comments:

Post a Comment

Sebagai pembaca yang baik, koment yah. Makasih